Perangkat Bahasa Inggris SMK Forward Kurikulum 2013

Contoh : 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X/Semester 1
Materi Pokok                          : Greetings, Introducing Yourself, Daily Activities
Sub Materi Pokok                   : Verb “To Be” dan Simple Present Tense
Alokasi Waktu                        : 6 x 45 Menit (3 Pertemuan)        
                                                                                               
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
        komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator :
1)  Bersyukur dapat  berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri. 

2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal   dengan guru dan teman.
Indikator :
1)      Menggunakan tata krama sopan santundan tata bahasa yang baik ketika melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih dalam situasi informal.
2)      Memiliki rasa pedulidan ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
3)     Menunjukkan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.


2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
        Indikator :
1)      Menunjukkan sikap jujur, percaya diri,dan bertanggung jawabketika melakukan proses pertukaran pesan baik verbal maupun nonverbal.
2)      Menunjukan disiplinketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas.

2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam   melaksanakan komunikasi fungsional.
       Indikator :
1)      Menunjukkan sikap peduli dan cinta damaiketika berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuan tertentu.

3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
1)      Menunjukkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan diri sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.1. Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis.
        Indikator  :
1)      Memahami makna teks lisan melalui berbagai macam strategi mendengarkan.
2)      Memahami makna teks tulis melalui berbagai macam strategi membaca.
3)      Menjawab berbagai pertanyaan mengenai pemaparan jati diri.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
1)      Menuliskan teks pemaparan jati diri melalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan.
2)      Menuliskan teks pemaparan jati diri dengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat.
3)      Menghasilkan sebuah teks pemaparan jati diri yang koheren.

                 
B. TUJUAN  PEMBELAJARAN

1)      Diberikan kesempatan berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri, siswa menunjukkan rasa bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. (Sikap : bersyukur)
2)      Diberikan kesempatan untuk bekerja melalui individu, berpasangan maupun kelompok, siswa menunjukkan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok. (Sikap : tanggung jawab)
3)      Diberikan tugas-tugas individu maupun kelompok, siswa dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu. (Sikap : disiplin)
4)      Siswa dapat menyajikan sebuah teks tulis tentang pemaparan jati diri dengan menggunakan susunan teks yang benar, penggunaan huruf besar dan tanda baca yang benar, kosakata yang relevan dan unsur-unsur kebahasaan yang tepat.
5)      Siswa dapat menjelaskan secara baik tentang pemaparan jati diri.
6)      Diberikan berbagai macam wacana lisan, siswa dapat memahami makna dalam teks dengan merespon berbagai instruksi berkenaan dengan teks tersebut.
7)      Diberikan sebuah wacana tulis tentang pemaparan jati diri, siswa dapat memahami makna teks tulis melalui berbagai macam pertanyaan yang berkenaan dengan teks tersebut.
8)      Siswa dapat menghasilkan sebuah teks pemaparan jati diri.
9)      Siswa dapat memahami Verb “To Be” dan Simple Present Tense serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

C. MATERI  PEMBELAJARAN

Greetings, Introducing Yourself, Daily Activities

D. METODE  PEMBELAJARAN

Pendekatan     : Communicative Approach
Model              : ContextualLearning
Metode            : Role-Play dan Diskusi

E. MEDIA, ALAT DAN  SUMBER  PEMBELAJARAN
1)      Media                          : Video yang berisi kalimat sapaan   (http://www.youtube.com/watch?v=WD9A8SBAxDI)
2)      Alat dan Bahan           : LCD, Laptop, Speaker, Power Point Presentation
3)      Sumber Belajar            : Buku Forward Grade X – Penerbit Erlangga
                                      Kamus Bahasa Inggris (Oxford- Dictionary)
                                                                                                                                                    
F. LANGKAH- LANGKAH  PEMBELAJARAN

PERTEMUAN  1
a)      Kegiatan Pendahuluan
1.   Pemusatan Perhatian dan motivasi :
-          Meminta siswa berdiri dan berkeliling kelas untuk memperkenalkan diri dengan teman-teman sekelas.
2.   Apersepsi :
-          Guru memilih lima siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang diri mereka.
3.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensidasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)      Kegiatan Inti
1.      Memperdengarkan sebuah rekaman percakapan dan menginstruksikan siswa secara individumendengarkandan mengklasifikasi yang termasuk sapaan formal dan informal. (lihat buku Forward Grade X halaman 3).
2.      Menginstruksikan siswa secaraindividu untuk mendengarkan percakapan kembali dan menuliskan kalimat sapaan lain yang didengar, siswa juga diminta untuk mengucapkan kalimat sapaan tersebut dengan intonasi yang tepat. (lihat buku Forward Grade X halaman 4).
3.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan berlatih percakapan saling mengenalkan diri dan menyusun kalimat dalam sebuah percakapan. (lihat buku Forward Grade X halaman 4).
4.      Menginstruksikan siswa secara individu melengkapi teks rumpang berbentuk percakapan. (lihat buku ForwardGrade X halaman 5).
5.      Memutar video dan menginstruksikan siswa secara berkelompokuntuk mendiskusikan kalimat sapaan apa saja yang digunakan di dalam video tersebut. (lihat buku Forward Grade X halaman 5).
6.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan menuliskan arti kalimat sapaan dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. (lihat buku Forward Grade X halaman 6).
7.      Menginstruksikan siswa secara individu untuk menuliskan kalimat sapaan dalam bahasa Indonesia dan membandingkannya dengan kalimat sapaan dalam bahasa Inggris. (lihat buku Forward Grade X halaman 6).
8.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
                                          
c)      Kegiatan akhir
1.   Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada pasangan yang berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi diri.

4. Menginstruksikan siswa untuk mencari tahu ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan dirisebagai bahan untuk pertemuan mendatang.

PERANGKAT BAHASA INGGRIS SMK KELAS X  ( FORWARD ) KURIKULUM 2013
SILABUS

BAHAN AJAR POWER POINT BAHASA INGGRIS SMK KELAS X  ( FORWARD ) KURIKULUM 2013




0 Response to "Perangkat Bahasa Inggris SMK Forward Kurikulum 2013"

Posting Komentar