Berdasarkan skema tersebut, alur/bagian-bagian dar RKAS adalah sebagai berikut:
- Melakukan analisis lingkungan operasional Sekolah
- Melakukan analisis pendidikan Sekolah saat ini
- Melakukan analisis pendidikan Sekolah satu tahun ke depan (yang diharapkan)
- Menentukan kesenjangan antara situasi Sekolah saat ini dan yang diharapkan satu tahun kedepan
- Merumuskan tujuan Sekolah selama satu tahun ke depan (disebut juga dengan sasaran atau tujuan situasional satu tahun)
- Mengidentifikasi fungsi-fungsi atau urusan-urusan Sekolah untuk dikaji tingkat kesiapannya
- Melakukan analisis SWOT
- Merumuskan dan mengidentifikasi Alternatif Langkah-langkah Pemecahan Persoalan
- Menyusun Rencana Program
- Menentukan tonggak-tonggak kunci keberhasilan/output apa dan kapan dicapai (milestone)
- Menyusun rencana biaya (besar dana, alokasi, sumber dana)
- Menyusun rencana pelaksanaan program
- Menyusun rencana pemantauan dan evaluasi
- Membuat jadwal pelaksanaan program
- Menentukan penanggungjawab program/kegiatan
Penjelasan atas bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:
1. Melakukan analisis lingkungan operasional Sekolah
Bagian ini pada prinsipnya sama dengan analisis lingkungan strategis pada Renstra atau RKS. Perbedaannya adalah untuk analisis ini lebih menitik beratkan kepada lingkungan Sekolah saja yang cakupannya lebih sempit dan berpengaruh langsung kepada operasional Sekolah.
Proses-proses ini termasuk menganalisis kebutuhan masyarakat/daerah setempat, potensi daerah, potensi Sekolah, potensi masyarakat sekitar, potensi geografis sekitar Sekolah, potensi ekonomi masyarakat sekitar Sekolah, dan potensi lainnya. Termasuk di dalamnya juga tentang regulasi atau kebijakan daerah dan peta perpolitikan daerah setempat.
Hasil kajian ini(baik yang bersifat kuantitas maupun kualitas) dapat dipergunakan untuk membantu melakukan analisis pendidikan yang ada di Sekolah saat sekarang dan perencanaan satu tahun ke depan.
Contoh:
1). Analisis Lingkungan Operasional Sekolah
Sekolah X merupakan salah satu Sekolah unggulan di Kabupaten X. Beberapa tahun belakangan ini minat masyarakat untuk berSekolah di Sekolah semakin meningkat seiring dengan berbagai kemajuan yang diperoleh dalam kurun waktu lima tahun ke belakang. Bersamaan dengan itu, kebijakan pemerintah daerah X kini semakin mengarah pada pencapaian standar pelayanan minimal.
Nampak dari apa yang telah berlangsung selama ini, pengelolaan Sekolah X telah memenuhi standar pelayanan minimal, sehingga yang perlu dilakukan ke depan adalah meningkatkan kinerja baik dari sisi manajerial maupun akademik.
Sekolah X yang terletak di kecamatan X Kabupaten X ini berada di tengah-tengah masyarakat agraris. Namun demikian, kini banyak juga anggota masyarakat dan orangtua siswa yang menekuni industri kreatif berupa tas dari bahan yang unik, antara lain enceng gondok.
Potensi ekonomi sekitar ini sangat mewarnai kemajuan Sekolah X selama ini, karena telah banyak menjadi tinjauan atau model pelaksanaan muatan lokal berupa kerajinan tas….. dst.
LEMBAR KERJA 1
ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
MATERI RKAS
|
PRESENTASI POWERPOINT
|
CONTOH FORM RKAS
|
CONTOH JADI RKAS
|
0 Response to "Contoh dan panduan RKAS SMA 2015"
Posting Komentar